Tips Mengelola Gaji Bulanan Agar Tidak Habis Sebelum Waktunya

watch_later Friday, 29 July 2016
comment 1 Comment

Tips Mengelola Gaji Bulanan Agar Tidak Habis Sebelum Waktunya - Pernahkah suatu ketika pada tanggal tua kalian mengeluhkan tentang keuangan yang menipis atau bahkan sudah habis. Padahal gajian masih menunggu beberapa hari lagi. Apa yang kalian rasakan jika mengalami hal seperti ini ? Tentunya kalian akan dibuat pusing tujuh keliling dan ujung ujungnya pasti mencari pinjaman sana - sini untuk mencukupi kebutuhan selama beberapa hari ke depan. Sungguh ironis, tentunya banyak dari kalian yang mungkin mengalami hal seperti ini. Jika hal ini  dibiarkan terus-menerus dan selalu terulang tiap akir bulan, maka bisa jadi kalian akan mempunyai banyak hutang dan yang lebih parah lagi bisa mengalami kebangkrutan.

''Mengapa hal ini bisa terjadi ? Apakah dikarenakan gaji sedikit ?'' 

Jawabanya, tentu tidak !!! Banyak atau sedikitnya gaji yang diterima tidak mempengaruhi hal ini, selama kalian pandai dalam mengelola keuangan tiap bulan. Seberapa besarpun gaji yang  didapatkan, tetapi keuangan tidak diatur dengan baik maka sama juga bohong, tetap saja gaji tersebut tidak bisa mencukupi kebutuhan selama satu bulan. Naah... dibawah ini adalah beberapa tips secara umum yang mungkin bisa digunakan agar kebutuhan bulanan  bisa tercukupi dari gaji kalian  tanpa harus berhutang.

 Baca lainya :

1. Segera Sisihkan Uang Untuk Mengisi Tabungan

Ketika gaji sudah kalian terima, segeralah menyisihkan uang untuk mengisi tabungan. Jadikanlah hal ini sebagai kebiasaan yang harus dan wajib di lakukan tiap awal bulan. Mengapa hal ini perlu kalian lakukan pertama kali? Karena kebiasaan menabung ini adalah benar-benar sulit dilakukan jika kalian tidak sedikit memaksakanya. Bagaimanapun juga menabung adalah aset kalian untuk masa depan. Dan tentunya kalian sendiri kelak yang akan menuainya. Dan yang lebih penting, uang tabungan tersebut bisa digunakan jika suatu saat kalian menghadapi keperluan yang mendesak, semisal jika kalian tengah sakit dan membutuhkan biaya maka tabungan tersebut adalah solusinya.


2. Buatlah Pembagian Skala Prioritas


Selanjutnya adalah segera buatlah catatan kecil untuk pembagian kebutuhan selama satu bulan kedepan. Utamakanlah terlebih dahulu kebutuhan pokok, kemudian kebutuhan akan tagihan yang harus kalian bayar. Seperti, tagihan listrik, telepon, air, dan tagihan tagihan lainya yang mungkin kalian punya. Naah untuk yang sudah berumah tangga dan mempunyai anak, tambahkan juga kebutuhan untuk anak, semisal biaya sekolah, uang saku, dan sebagainya. Perkirakan jumlah nominal semua kebutuhan . Jika sudah segera sisihkan uang tersebut. Dan perlu diingat jangan pernah mengambil uang tersebut selain untuk keperluan diatas.

3. Buatlah Pembukuan Pengeluaran Tiap Hari


Mengapa perlu membuat catatan pengeluaran tiap hari ? Catatan pengeluaran ini berfungsi untuk mengontrol pengeluaran harian. Targetkan dalam sehari kalian hanya mengeluarkan sejumlah sekian....!! Dan jika memang tidak ada kebutuhan tambahan yang benar-benar penting dan mendesak jangan pernah mengeluarkan melebihi target harian yang telah  dibuat. Selain itu juga, catatan pembukuan ini bisa untuk koreksi di akhir bulan, tentang kebutuhan kebutuhan mana yang kurang begitu penting sehingga perlu dipangkas. Soo dengan melakukan langkah ini maka money management kalian akan lebih tertata rapi.

4. Hindari Membawa Uang Yang Terlalu Banyak di Dalam Dompet


Mengapa hal ini harus dilakukan ? Adalah sangat manusiawi sekali jika melihat isi dompet yang banyak kalian akan tergoda dan kalap sehingga membeli sesuatu yang kadang tidak perlu dan tidak penting. Sehingga pengeluaran pun bertambah, padahal barang tersebut tidak masuk dalam anggaran yang telah kalian buat. Selain itu juga membawa uang dalam dompet yang terlalu banyak tentunya sangat berbahaya untuk keamanan. Bawalah uang secukupnya sesuai dengan keperluan dan sisihkan uang untuk berjaga-jaga semisal dalam perjalanan mengalami ban bocor, atau kehabisan bahan bakar.

5. Selalu Sisihkan Sedikit Dari Gaji Kalian Untuk Bersedekah


Dan yang terakir dan tidak kalah penting adalah bersedekah ? Apakah ada hubunganya bersedekah dengan mengelola gaji bulanan ? Tentu ada, Dengan kalian bersedekah tentunya pintu rizki kalian akan semakin terbuka, rizki akan mengalir dengan sendirinya tanpa diduga sebelumnya. Sehingga kebutuhan kalian pun tercukupi dan bahkan bisa melimpah. Jangan pernah ragu akan hal ini. Banyak inspirasi kisah kisah orang yang sukses karena rajin bersedekah. Percayalah hal ini tidak akan menambah daftar pengeluaran kalian. Malah, InsyaAllah rizki kalian akan terus bertambah banyak. Salam !!! 

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

avatar

Nice post. Kunbal & Follbackdi blog sederhana ane ya Boss.http://pintarteknikmesin.blogspot.co.id/

Delete 1 July 2016 at 00:00
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.