Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Ambil Uang di BNI ATM Lengkap Dengan Gambar

Cara melakukan tarik tunai di ATM BNI - Memang tidak bisa dipungkiri salah satu transaksi perbankan yang sering kali dilakukan nasabah bank adalah tarik tunai lewat ATM. Karena memang mengambil uang lewat ATM ( Anjungan Tunai Mandiri) lebih mudah dan cepat dari pada mengambil uang di teller bank. Terlebih lagi mesin ATM tidak terikat jam operasional kantor, sehingga kapanpun anda bisa melakukan tarik tunai.

Mengambil uang lewat BNI ATM sebenarnya tidaklah sulit, namun demikian bukan berarti semua nasabah BNI bisa lues melakukanya. Tak jarang mereka masih terlihat kaku dalam menggunakan mesin ini. Apa lagi bagi mereka yang belum pernah sama sekali menggunakanya. Hingga terkadang minta diajarin dulu oleh kerabat / teman dekat.

Untuk itu bagi anda yang masih bingung tentang cara mengambil uang lewat BNI ATM, berikut ini akan kami ulas tutorialnya lengkap dengan gambar, simak ya??


BACA : Dengan BNI Sonic, Membuka Rekening jadi Cepat Cukup 3 Menit

Cara Mengambil Uang Lewat ATM BNI

Saat ini bank BNI telah menyediakan lebih dari 12.000 mesin ATM yang tersebar hampir merata di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah mesin ATM yang banyak tersebut tentunya memudahkan kita sebagai nasabah dalam mengaksesnya. Oleh pihak bank biasanya mesin ATM di tempatkan pada lokasi-lokasi yang strategis dan ramai pengunjung seperti halnya di kantor cabang BNI, di Alfamart, Indomaret, di pusat-pusat perbelanjaan dan berbagai tempat lainya.

Nah, bagi anda yang masih bingung menggunakan mesin tersebut di bawah ini akan kami berikan panduan lengkapnya. Perlu diketahui mesin ATM BNI menyediakan 3 pilihan nominal pecahan uang yaitu mesin ATM pecahan Rp. 20.000, -Rp.50.000 dan pecahan Rp. 100.000. Pilihlah mesin ATM yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mengenalinya cukup mudah, anda tinggal membaca label yang ada pada masing-masing mesin ATM. 


BACA : PENTING!! Ganti PIN ATM BNI Anda Tiap 3 Bulan Sekali

1. Masukan Kartu ATM - Setiap transaksi menggunakan mesin ATM BNI pastilah diawali dengan memasukan kartu ATM, oleh karenanya pastikan anda membawanya. Silahkan masukan kartu ATM anda pada slot mesin yang tersedia. Perhatikan posisi kartu yang benar, untuk posisi kartu ATM yang benar silahkan sesuaikan dengan gambar yang ada pada mesin. Untuk lebih jelasnya sesuaikan seperti gambar berikut,



2. Pilih Bahasa - Selanjutnya layar akan terbuka dan anda akan diperintahkan memilih bahasa. Ada dua pilihan bahasa yang bisa anda gunakan, yaitu Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris. Silahkan pilih salah satu, kami sarankan untuk memilih "INDONESIA"agar anda dapat dengan mudah memahami menu pilihan selanjutnya.



3. Masukan PIN ATM - Ketikan 6 digit PIN Kartu ATM BNI anda. Ketikan dengan benar dan jangan sampai salah lebih dari 3 x. Sebab jika anda melakukan kesalahan memasukan PIN lebih dari batas tersebut secara otomatis Kartu ATM anda terblokir. Jika sampai hal ini terjadi maka kartu ATM anda tidak bisa digunakan dan untuk mengaktifkannya kembali anda harus mengurusnya di kantor cabang BNI.



4. Penarikan Cepat - Pada langkah ke 4 ini, anda akan dihadapkan pada menu penarikan cepat. Dimana pada layar tertera nominal sejumlah uang yang bisa anda tarik mulai dari Rp.250 ribu, Rp.500 ribu, Rp.1 juta dan Rp.1.200.000. Misalkan anda ingin mengambil uang Rp. 250.000 langsung saja tekan tombol yang ada disampingnya. Silahkan tunggu beberapa saat, jika uang keluar silahkan ambil dan jangan lupa ambil pula kartu ATM anda, selesei!



Nah, sampai disini pasti anda bertanya-tanya, apakah tidak bisa ambil uang selain dari jumlah nominal yang tertera pada layar diatas?? Bisa donk, dengan cara memilih menu "PENARIKAN JUMLAH  LAIN" yang ada pada langkah nomor 4.



- Maka layar kembali akan terbuka langsung saja ketik nominal berapa yang ingin anda tarik. Bisa 100rb, 300rb, 800rb. Namun yang perlu diperhatikan jumlah nominal uang yang ditarik harus disesuaikan dengan jenis mesin ATM BNI yang digunakan. Ada dua pilihan mesin ATM BNI yaitu pecahan Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Jika mesin ATM yang anda gunakan menggunakan pecahan 100.000 maka anda hanya bisa tarik tunai dengan nominal kelipatan 100.000 saja.

- Setelah anda mengetikan jumlah nominal uang, selanjutnya pilih " Tekan Jika Benar".



- Lanjutkan dengan memilih "REKENING TABUNGAN".

- Silahkan tunggu beberapa saat sampai uang keluar dari mesin. Ambil dan simpan uang tersebut.



- Dan yang terakir jika anda tidak ingin melanjutkan transaksi maka pilih "TEKAN JIKA TIDAK".


BACA : Cara Aman Bertransaksi Melalui ATM, Nasabah Wajib Paham


Limit Penarikan Tunai di ATM BNI

Setiap kartu ATM BNI memiliki batas limit masing-masing sesuai dengan jenis kartu yang digunakan. Jika transaksi tarik tunai yang anda lakukan sudah melebihi batas limit tersebut maka andapun sudah tidak bisa melakukan penarikan lewat mesin ATM. Oleh karena itu jika anda melakukan penarikan dalam jumlah yang besar sebaiknya lakukan penarikan di kantor cabang BNI terdekat dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas diri. Dan berikut rincian limit berdasarkan jenis kartu ATM BNI.

  • Kartu ATM BNI Silver : Rp5.000.000,00 per hari 
  • Kartu ATM BNI Gold : Rp10.000.000,00 per hari 
  • Kartu ATM BNI Platinum : Rp10.000.000,00 per hari

Apakah Bisa Melakukan Penarikan Tunai di ATM Bank Lain?

Pasti suatu ketika anda pernah mengalami kejadian tidak menemukan mesi ATM BNI untuk melakukan transaksi tarik tunai, padahal saat itu anda harus segera mengambil uang untuk suatu kebutuhan yang mendesak. Lantas apa yang harus anda lakukan? Jika anda kebetulan mengalami kejadian seperti ini anda tidak usah bingung, sebab saat ini hampir semua bank di Indonesia terkoneksi dalam jaringan ATM bersama. Dengan demikian berarti anda bisa melakukan tarik tunai di ATM bank lainya yang berlogo ATM bersama. Namun perlu di ketahui bahwasanya melakukan transaksi tarik tunai menggunakan ATM bank lain anda akan dikenakan biaya tarif layanan yang akan di potong otomatis dari saldo rekening anda. Adapun untuk cara penarikanya hampir sama dengan tarik tunai di ATM BNI, silahkan ikuti saja setiap langkahnya yang tertera pada monitor mesin ATM.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan terkait cara mengambil uang di ATM BNI, apabila ada yang kurang jelas anda bisa bertanya dengan meninggalkan pesan di kolom komentar.


BACA : Cara Melacak Identitas Seseorang Dari Nomor Rekening Bank

Post a comment for "Tutorial Cara Ambil Uang di BNI ATM Lengkap Dengan Gambar"